Faktor pengaruh Google Ranking merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan visibilitas online. Terutama, dalam mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Memahami faktor-faktor ini memungkinkan para pengelola profesional SEO dan situs web untuk mengembangkan strategi yang efektif. Mari bahas lebih lanjut terkait faktor utama yang mempengaruhi peringkat Google.
Faktor Pengaruh Google Ranking
Secara umum, peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google merupakan tujuan utama setiap pemilik situs web. Namun, untuk bisa mencapai posisi tersebut, perlu sekali memahami faktor apa saja yang akan mempengaruhi peringkat Google.
Berikut penjelasan beberapa faktor pengaruh Google Ranking yang perlu dipahami, yaitu:
1. Kata Kunci
Kata kunci atau keyword berperan penting dalam SEO. Oleh karena itu, pilihlah kata kunci yang relevan dengan topik.
Lalu masukkan ke dalam judul, heading, serta konten secara alami. Namun, perlu menghindari penggunaan kata kunci yang berlebihan (keyword stuffing). Hal ini karena bisa merugikan peringkat Google.
2. Kualitas Konten
Konten berkualitas tinggi merupakan raja dalam SEO. Biasanya, Google akan mengutamakan konten yang informatif, relevan, serta bermanfaat bagi pengguna. Oleh karena itu, pastikan konten mudah dibaca, unik serta menjawab kebutuhan atau pertanyaan pengguna.
3. Backlink
Backlink adalah tautan yang berasal dari situs lain menuju ke situs pemilik web. Backlink dari situs relevan bisa meningkatkan otoritas domain di mata Google. Oleh karena itu, upayakan untuk mendapatkan backlink berkualitas melalui kerjasama dengan situs lain dan konten yang bagus.
4. Pengalaman Pengguna
Biasanya, Google sangat memperhatikan pengalaman user experience atau pengguna dalam menentukan peringkat. Situs web yang cepat dimuat, mudah dinavigasi, dan responsif di berbagai perangkat, akan lebih mendapatkan nilai lebih banyak.
5. Mobile-Friendly
Kini semakin banyak pengguna yang mengakses internet melalui perangkat Seluler. Oleh sebab itu, situs web yang sudah dioptimalkan untuk tampilan responsive (mobile) akan lebih dilirik oleh Google.
6. Struktur URL
Struktur URL yang deskriptif dan bersih bisa membantu Google untuk memahami konten halaman dengan lebih baik. Usahakan menggunakan kata kunci dalam URL. Kemudian, hindari URL yang terlalu kompleks atau panjang.
7. Social Signals
Aktivitas di sosial media seperti share, like, serta komentar juga akan mempengaruhi peringkat Google. Konten yang banyak sekali direspon dan dibagikan positif di media sosial cenderung akan memperoleh peringkat yang lebih baik.
8. Usia Domain dan Otoritas
Meskipun bukan faktor mutlak, namun otoritas situs (domain authority) dan domain bisa mempengaruhi peringkat. Situs yang memiliki reputasi baik dan sudah lama cenderung lebih dihormati oleh Google.
Apabila tertarik untuk meningkatkan ranking di Google, maka bisa pilih service BDD (Boleh Dicoba Digital). Hal ini karena telah menghandle lebih dari 800 klien. BDD sendiri terdiri dari ti yang profesional dan bersertifikasi sehingga akan memahami faktor pengaruh Google Ranking.